Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Memulai Bisnis

Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Memulai Bisnis
 
Berbisnis adalah salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan, namun saat memulai bisnis tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Karena saat memulai suatu bisnis diperlukan proses yang panjang. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis.

Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Memulai Bisnis 

1. Produk punya nilai jual

Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah produk yang akan dijual mempunyai nilai jual, produk yang akan dijual perlu dikenal orang terlebih dahulu, yang bertujuan supaya orang mengenal dan membelinya.

Bisnis harus memiliki usia yang panjang, sepertu kebutuhan yang orang harus terus membeli produk yang anda jual, seperti sembako, makanan, fashion, yaitu produk harus unggul baik dari kemasan, desain, dan logo.

Pastikan produk memiliki target market seperti, siapa yang akan membeli produk kita, seperti apa karakter mereka, semua harus ditentukan sehingga produk dapat diterima dengan baik.

2. Modal

Selanjutnya adalah modal, karena modal merupakan salah satu hal yang sering mengganjal saat anda ingin membuka suatu usaha. Anda bisa menggunakan tabungan pribadi atau juga mencari pinjaman kepada kenalan, saudara, keluarga dan juga lembaga keuangan.

Namun harus selalu anda ingat bahwa ada persyaratan lain ketika ingin meminjam ke bank. Syarat di antaranya adalah meminta jaminan dan catatan keuangan yang sudah terstruktur.

Bila anda kesulitan saat meminjam ke bank, anda bisa mengajukan kerja sama atau kemitraan.

3. Kemasan

Selanjutnya adalah kemasan, karena kemasan adalah sesuatu yang sangat menentukan pembelian, tidak hanya bagus, cocok kemasan yang dimiliki namun juga, menarik, eye catching, tapi juga harus baik dari sisi kesehatan, terutama pada makanan.

Pada sebagian orang saat membuka usaha mereka tidak memikirkan kemasan yang mereka buat, dan membuatnya dengan sembarangan, padahal jika salah membuat kemasan maka akan berisiko orang tidak akan membeli lagi. Pilih bentuk kemasan yang fungsional, serta warna dan logo yang sesuai.

Pada penjual busana lebih mementingkan desain yang seperti apa, dilihat secara online dari foto foto produknya. Jadi harus membuat foto yang menarik agar konsumen mau membeli.

4. Harga

Selanjutnya adalah harga, anda harus memiliki harga jual yang sesuai dengan barang yang anda jual. Jangan sampai harga jual terlalu murah dan juga terlalu mahal, karena bisa membuat orang curiga dan bertanya tanya, lalu akan membuat orang malas membeli.

Pastikan saat anda menentukan harga, ada baiknya riset ke berbagai toko yang menjual barang yang sama. Harga yang bersaing dan terbaik pasti banyak mengundang pembeli.

5. Lokasi

Selanjutnya lokasi, jika anda membuka usaha dimall maka anda harus menyewa tempat dan pastinya akan lebih mahal karena butuh perlengkapan untuk memajang, contohnya pada etalase.

Sangat berbeda jika anda memilih dengan berjualan secara online yang tidak membutuhkan tempat dan mengurangi biaya sewa.

Namun, meski anda berjualan online tetap harus memiliki tempat memajang meski tak luas, agar orang percaya dengan produk yang dijual.

6. Izin Usaha

Selanjutnya izin usaha, izin usaha adalah hal yang sangat perlu anda miliki karena saat ini orang semakin kritis, mereka sangat memerhatikan izin kesehatan, halal atau tidak.

Dan pada penjual baju dan aksesori, di awal penjualan belum membutuhkan izin kecuali sudah bekerja sama dengan department store. Pastikan anda memiliki izin dari BPOM.

7. Promosi

Selanjutnya promosi, promosi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan karena untuk memberitahu orang apa produk yang anda dijual. Jangan sampai sudah melakukan promosi tapi produknya tidak enak.

Demikian hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis. Semoga dapat membantu anda dalam membulai suatu usaha. (https://ide-peluang-usaha.blogspot.com)