Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor Mixer Tidak Berputar dan Cara Memperbaikinya


Motor Mixer Tidak Berputar dan Cara Memperbaikinya

Motor mixer tidak berputar biasanya karena tidak ada arus listrik yang masuk kedalam motor mixer. Kondisi ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian bagian yang dilalui arus listrik yang menuju ke dalam kumparan motor.

Anda perlu mengetahui kerusakan dan cara memperbaiki mesin motor yang rusak. Berikut ini adalah motor mesin tidak dapat berputar dan cara memperbaikinya.

Motor Mixer Tidak Berputar dan Cara Memperbaikinya

Mesin ini memiliki harga mixer yang dapat disesuaikan dengan keuangan anda, dengan begitu mesin ini juga memiliki kualitar yang sangat terjamin karena terlahir dari berbagai merk yang sangat terpercaya. Meski begitu mixer bisa saja mengalami kerusakan dan anda perlu mempelajarinya. 

1. Motor mixer tidak berputar, tetapi berdengung

Kerusakan pertama adalah motor mixer tidak berputar tetapi berdegung, kerusakan ini yaitu belitan medan bantu atau medan putar atau medan utama stator ada yang hubung singkat. Hubung singkat pada belitan stator mixer ini dapat menyebabkan motor mixer kehilangan momen putar, meskipun arus listrik tetap mengalir. Yang mengakibatkan motor berdengung hingga bergetar.

Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan berlangsung lama sekitar 10 hingga 30 menit, maka belitan stator dan rotor dapat terbakar. Cara memperbaikannya adalah ganti kumparan bantu atau kumparan utama stator motor, atau ganti kumparan rotor motor mixer.

2. Motor Mixer Berputar, Namun Mengeluarkan Percikan Bunga Api

Kerusakan selanjutnya ini dapat terjadi karena hubungan kontak antara sikat dan komutator tidak rata atau kurang pas. Anda dapat memperbaikinya dengan :

a. Memeriksa sikat motor, pastikan jangan sampai sikat tidak pas menutup atau menyambungkan kontak sikat dengan lamel komutator dengan baik.

b. Memeriksa kondisi sikat anda, apabila kondisi sikat sudah terlalu pendek sehingga kecekungan permukaannya tidak lagi menutupi atau menyambung hubungan antara sikat dengan lamel lamel komutator rotor, maka gantilah sikat anda dengan yang baru.

3. Motor mixer berputar, tetapi mengeluarkan suara kasar

Kerusakan selanjutnya motor mixer berputar tetapi mengeluarkan suara kasar, kerusakan ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bearing as rotor. Terdapat salah satu atau beberapa dari peluruh bearing yang terlalu aus terhadap lingkaran bearing atau sudah pecah.

Kerusakan seperti ini memberi peluang rotor mengalami senggolan atau sentakan terhadap lingkaran dalam bearing saat motor berputar hingga mengeluarkan bunyi gemerincing yang kasar.

4. Motor mixer berputar, tetapi pengaduk adonan tidak ikut berputar

Kerusakan yang terakir yaitu motor mixer berputar tetapi pengaduk adonan tidak ikut berputar, maka dapat dipastikan bahwa kerusakpan terjadi pada gigi kopel yang berfungsi menggenggam tangkai pengaduk dan terhubung dengan gigi putar rotor sudah aus.

Satu satunya cara yang dapat anda lakukan terhadap kerusakan ini adalah mengganti dengan yang baru.

Mixer adalah alat yang sangat berperan dalam melakukan tugasnya yaitu pembuatan kue, dengan menggunakan mesin ini anda pastinya akan sangat terbantu dan diringankan dalam mencampurkan adonan. Namun dengan kondisi mesin mixer yang rusak maka kegunaan mixer pun tidak bisa digunakan dengan baik. Pelajarilah kerusakan pada mixer serta motor mixer, dan juga cara memperbaiki mixer yang rusak. 

Demikian motor mesin tidak dapat berputar dan cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam mengetahui kerusakan pada mixer dan cara memperbaikinya.