Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Mesin Potong Rumput yang Sulit Hidup

Cara Mengatasi Mesin Potong Rumput yang Sulit Hidup


Mesin potong rumput adalah mesin yang terkadang mengalami masalah, dan masalah yang sering terjadi adalah mesin potong rumput yang susah hidup. Berikut ini adalah cara mengatasi masalah mesin potong rumput yang sulit hidup.

Mesin potong rumput yang sulit hidup ini bisa saja disebabkan karena penggunaan yang tidak benar dan kurangnya perawatan terhadap mesin potong rumput itu sendiri. Yang dapat membuat performa mesin menurun dan mengakibatkan mesin sulit hidup.

Dan untuk memperbaiki mesin potong rumput yang sulit hidup tidak lah terlalu rumit. Namun anda harus paham dengan sistem kerja dan bagian bagian yang dimiliki mesin potong rumput. Jika anda paham pastinya anda akan lebih mudah menemukan penyebab kerusakannya.

Cara Mengatasi Mesin Potong Rumput yang Sulit Hidup

1. Sistem Pengapian Hilang

Sistem pengapian yang hilang bisa disebabkan karena beberapa faktor, faktor yang pertama adalah jarak antara CDI dengan magnet yang terlalu jauh, anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mengatur jarak antara CDI dan magnet dengan tepat sehingga dapat menghasilkan pengapian yang bagus.

Selanjutnya adalah faktor kedua, yaitu CDI yang tidak berfungsi, CDI adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur wakti meletiknya api pada busi, sehingga bila bagian ini tidak berfungsi maka busi tidak akan meletikan nyala api. Dan untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat mengganti CDI lama dengan yang baru.

Selanjutnya adalah faktor ketiga yaitu, busi yang mati, pada busi yang mati maka pembakaran pada mesin juga tidak akan terjadi dan mesin juga tidak akan bisa hidup. Untuk mengatasi masalah ini  sangatlah mudah, anda dapat  mengganti busi lama dengan busi yang baru.

Faktor keempat adalah kabel massa CDI menempel pada bahan mesin, kabel massa ini digunakan saat mematikan mesin, namun masalah yang sering terjadi adalah kabel massa yang terkelupas dan juga menempel pada badan mesin.

Maka untuk mengatasi masalah ini anda cukup meneliti jalur kabel massa, jika terdapat jalur yang terkelupas masa tutuplah dengan isolatip.

2. Karburator Banjir

Selanjutnya adalah karburator banjir, karburator yang banjir dapat disebabkan karena bahan bakar yang tercampur dengan kotoran.

Bercampurnya kotoran biasanya terjadi pada saat pengisian bahan bakar, dan terjadi pada saringan bensin yang telah rusak dan hilang. Karburator yang bajir juga dapat disebabkan karena pengaturan pelampung yang terlalu tinggi pada karburator.

Dan untuk mengatasi masalah ini, anda perlu membongkar karburator dan membersihkan bagian dengan menggunakan bensin hingga bersih, setelah karburator bersih anda perlu merakit kembali lalu aturlah pelampung karburator dengan ketinggian yang benar dan sesuai.

3. Kompresi Hilang

Selanjutnya adaah kompresi yang hilang, terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan hilangnya kompresi pada mesin potong rumput.

Pertama adalah ring piston tidak mengembang, biasanya disebabkan karena mesin yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, dan untuk mengatasi masalah ini anda dapat membersihkan alur ring piston yang berada di piston.

Penyebab kedua adalah minyak pelumas yang dapat mengakibatkan mesin cepat panas dan block slinder menjadi baret.

Dan untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengganti block silinder yang lama dengan yang baru, karena block silinder pada mesin potong rumput tidak bisa dilakukan over size.

Demikian cara mengatasi mesin potong rumput yang sulit hidup. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, serta membantu dalam melakukan perbaikan terhadap mesin potong rumput yang sulit hidup.